Mengenal Bagian MCB (Miniature Circuit Breaker) yang Perlu Di Ketahui

Mengenal Bagian MCB (Miniature Circuit Breaker) yang Perlu Di Ketahui

MCB atau yang memiliki kepanjangan Miniature Circuit Breaker merupakan komponen penting dalam instalansi listrik rumah. MCB biasanya dimanfaatkan oleh pihak PLN sebagai pembatas arus serta sebagai pengaman atau pelindung dalam instalansi listrik di rumah kita.

Atau dengan kata lain, MCB memiliki fungsi utama sebagai pengaman konsleting (hubung singkat listrik) dan sebagai proteksi beban arus listrik berlebih. Dengan adanya MCB, maka arus listrik akan secara otomatis terputus ketika instalansi listrik mengalami konsleting ataupun beban listrik lebih. Sehingga menghindari dari resiko percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran.

Bagian-bagian MCB

Miniature circuit breaker atau MCB sendiri terdiri dari beberapa bagian atau komponen penting didalamnya, dimana komponen-komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut beberapa diantarany :

  • Switch mekanis

Switch mekanis merupakan bagian yang berfungsi sebagai komponen yang membuat rangkaian terhubung dan arus listrik bekerja.

  • Bimetal

Bagian bimetal berfungsi sebagai thermal trip. Bimetal ini juga menjadi bagian yang akan bekerja ketika arus listrik berlebihan. Ketika arus listrik berlebihan, maka bimetal akan berubah menjadi panas dan memuai bahkan melengkung jika panasnya semakin besar.

  • Actuator lever / toggle switch (tuas)

Bagian yang satu ini digunakan sebagai switch on-off dari sebuah miniature circuit breaker. Artinya actuator lever akan menunjukkan kepada kita apakah MCB dalam keadaan mati/OFF atau hidup/ON.

  • Lilitan atau coil

Coil atau lilitan merupakan bagian dari MCB yang berguna sebagai magnetic trip serta akan bekerja apabila terjadi hubung singkat arus listrik.

  • Kontak arus listrik

Sebagai pemutus serta penghubung aliran arus listrik, MCB memanfaatkan bagian kontak arus listrik ini.

  • Pemadam busur api

Pemadam busur api bagian dari MCB yang berguna sebagai pengaman apabila terjadi percikan api ketika dilakukan pemutusan atau pengaliran listrik.

  • Baut kalibrasi pabrikan

Baut kalibrasi pabrikan sendiri menjadi bagian MCB yang berfungsi untuk mensetting arus trip dari MCB setelah pabrikasi dan hanya bisa pihak prabikan saja yang melakukannya.

  • Terminal kabel listrik

Dengan adanya bagian-bagian tersebutlah MCB atau miniature circuit breaker dapat bekerja semestinya sebagai proteksi instalansi listrik rumah. MCB yang gagal bekerja maka dapat beresiko kebakaran, oleh karena itu pemasangan MCB harus sesuai standar serta gunakanlah MCB yang berkualitas.

Berbicara mengenai MCB berkualitas, ada satu toko yang menjual beragam alat listrik termasuk MCB dengan kualitas terbaik yaitu Sinar Mentari Elektrik. Bagi orang yang sering berbelanja di glodok, mungkin tidak asing lagi dengan toko penyedia alat listrik dan sparepart elektrik terlengkap yang satu ini. Pasalnya toko ini sudah berdiri cukup lama serta menjadi toko rekomendasi bagi orang-orang yang mencari perlengkapan instalansi listrik berkualitas.

Toko Sinar Mentari Elektrik pun sekarang sudah melayani pembelian secara online melalui situs website resminya. Sehingga siapapun, dimanapun dan kapanpun bisa memenuhi segala kebutuhan peralatan listrik termasuk MCB secara cepat dan murah.

Melalui situsnya, Toko Sinar Mentari Elektrik memberikan berbagai macam pelayanan yang dijamin memuaskan. Dimana pelayanan tersebut yang menjadi keunggulannya, seperti misalnya barang original, sangat lengkap, barang berstandar internasional maupun nasional, harga terjangkau, memberikan kemudahan dalam berbelanja, bergaransi dan masih banyak lagi yang lain.

Itu dia sedikit informasi mengenai bagian dari MCB serta tempat terbaik yang menyediakan MCB atau sparepart elektrik berkualitas lainnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat.